Inilah 7 Daging Sapi Terbaik di Dunia, Bukan Wagyu dan Kobe!

Kuliner

Indonesia Menyapa, Jakarta — Ada banyak jenis daging sapi yang terus diburu kelezatannya. Ternyata, menurut TasteAtlas, daging sapi terbaik di dunia bukan wagyu maupun kobe.

Daging sapi dikonsumsi oleh hampir seluruh masyarakat di dunia. Hanya ada dua alasan bagi mereka yang tak mengonsumsinya, baik karena menjalani diet vegan/vegetarian ataupun aturan beberapa agama tertentu.

Sebagai sumber protein yang populer, banyak produsen daging sapi yang berlomba-lomba untuk menghasilkan produk terbaik mereka. Salah satunya dengan mendistribusikan daging sapi yang lembut dan meresap bumbu dengan baik ketika dimasak.

Selama ini daging sapi asal Jepang dipercaya sebagai daging terbaik di dunia. Tetapi Taste Atlas sebagai website kurator makanan di dunia punya juara daging terbaik selain wagyu dan kobe.

 

Berikut ini 7 daging sapi terbaik di dunia versi Taste Atlas:

 

1. Argentine Beef

7 Daging Sapi Terbaik di Dunia, Bukan Wagyu dan Kobe!
Penampakan sapi penghasil daging Argentine Beef yang disebut terenak di dunia. Foto: TasteAtlas

 

Argentina ternyata tak kalah hebat dengan negara lainnya dalam hal peternakan sapi. Sejak 1536 ada jenis sapi Conquistadors yang dikembangbiakkan di Argentina sebagai cikal bakal asupan daging sapi di seluruh negeri.

Orang Argentina punya cara tradisional untuk memasak steak agar tetap juicy dan segar dengan membakarnya menggunakan arang dna menyajikan dengan saus chimichurri. Daging sapi jenis ini tersedia menjadi potongan tenderloin, skirt steak, short ribs, flank steak, hingga sirloin.

 

2. Wagyu

Siapa yang tak kenal wagyu, sapi asal Jepang yang populer dengan dagingnya berlapis marble atau lemak tebal. Sapi wagyu terkenal dengan ototnya yang minim sehingga teksturnya sangat lembut lumer saat dimasak.

Rasanya juga kaya dan khas berbeda dengan daging sapi lain. Terlebih ada sensasi daging yang meleleh di mulut yang dihasilkan oleh lapisan lemak berpola marble ketika dimasak dengan suhu tinggi.

 

3. Carne dos Acores

Di Portugal sapi ternak yang sengaja disiapkan untuk dikonsumsi dagingnya melalui perawatan khusus. Rombongan sapi ini setiap harinya akan dilepas liar untuk makan rerumputan, herbal, dan jerami untuk menghasilkan rasa daging yang unik.

Sapi yang dirawat dengan minim stres menghasilkan daging yang juicy dan tebal marblenya. Warnanya juga merah muda terang dengan tekstur yang lembut dan paling enak dimasak dengan dipanggang serta minim bumbu.

 

4. Kobe Beef

Selain wagyu yang populer dari Jepang, kobe beef juga ada pada urutan selanjutnya. Berbeda dengan wagyu, kobe beef berasal dari sapi-sapi yang diternak di prefektur Hyogo dengan ibukota bernama Kobe.

Karakteristik daging kobe terletak pada dagingnya yang empuk, rasanya yang kaya, serta kadar lemaknya yang tinggi. Dibandingkan dengan wagyu, kobe bisa dimasak dengan banyak cara seperti steak, sukiyaki, atau shabu-shabu.

 

5. Carnalentejana

Tampaknya Portugal menjadi negara sebagai pesaing terberat dari Jepang. Portugal memiliki jenis sapi Carnalentejana yang dirawat dengan peternakan asri.

Untuk pemberian pakan, sapi akan dilepaskan dari kandangnya dan diperbolehkan makan secara liar dengan puas. Biasanya asupan yang akan diberikan berupa rumput dan rempah liar hingga jerami yang ada di sekitar kandangnya.

 

6. Carne Barrosã

7 Daging Sapi Terbaik di Dunia, Bukan Wagyu dan Kobe!
Carne Barrosã yang diternak di Portugal. Foto: TasteAtlas

 

Jenis daging sapi yang satu ini merupakan anakan sapi yang dikembang biakkan secara subur di bagian barat laut Portugal. Berbeda dengan sapi sebelumnya, jenis ini dibesarkan dengan peternakan yang sudah memiliki sistem operasi terbaik.

Warna daging sapi Carne Barrosã yang segar ditandai dengan merah muda hingga merah gelap sesuai dengan usianya saat disembelih. Dagingnya memiliki serat yang halus sehingga cocok untuk penyajian dibakar atau dipanggang.

 

7. Angus beef

Salah satu daging yang cukup populer di steakhouse hampir di seluruh dunia. Angus beef merupakan daging yang diambil dari sapi Aberdeen Angus di Skotlandia.

Harganya yang mahal disesuaikan dengan ciri khas dagingnya yang memiliki tekstur kenyal, legit, dan rasanya yang khas daripada daging sapi lain. Para peternak di Skotlandia bahkan memiliki teknik perawatan khusus seperti asupan pakan, usia sapi, dan pertimbangan lain untuk menghasilkan daging sapi dengan kualitas terbaik.

 

Sumber: 7 Daging Sapi Terbaik di Dunia, Bukan Wagyu dan Kobe! (detik.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *