Kelezatan Gelato dan Dessert Homemade Buatan Kafe di Jaksel

Kuliner

Indonesia Menyapa, Jakarta — Di Jakarta Selatan ada kafe dessert baru bernama Nothing Personal. Kafenya memang kecil, tetapi menawarkan pilihan dessert unik, terutama varian gelato homemade-nya.

Kuliner kaki lima hingga kafe di Jakarta Selatan memang tidak ada habisnya. Setiap bulan, ada saja kafe atau kuliner viral yang hadir di kawasan ini. Seperti kafe Nothing Personal yang belum lama buka, tetapi telah berhasil menarik perhatian banyak orang.

 

Nothing Personal
Nothing Personal menjadi salah satu kafe dessert baru di Jaksel yang menarik perhatian. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

 

Nothing Personal merupakan kafe dengan menu dessert beragam. Tempatnya memang kecil, berada di sebuah bangunan berbentuk rumah.

Namun, berhasil disulap menjadi kafe yang punya suasana sangat tenang dan nyaman. Dilengkapi dengan ornamen estetik.

Pilihan dessert yang ditawarkan juga banyak, mulai dari pavlova, bread pudding, hingga berbagai macam varian rasa gelato yang dibuat homemade. Tidak hanya dessert, mereka juga punya sejumlah pilihan kopi.

Penasaran dengan suasana dan dessert di kafe ini, detikFood menyambanginya (04/06). Kami mencoba beberapa menu dessert dan gelato andalan mereka. Begini rasanya!

 

1. Konsep kafe dessert di dalam rumah

Nothing Personal
Nothing Personal memang punya area kecil, tetapi nyaman dan estetik. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

 

Area kafe yang kecil ini seolah-olah menghadirkan suasana lebih ‘intimate’. Namun, tenang saja karena ada cukup banyak meja dan tempat duduk yang bisa ditempati, kurang lebih ada 20 kursi.

Kafenya didominasi dengan perpaduan warna putih, merah, dan interior kayu. Di beberapa sudut ada hiasan lampu remang-remang yang membuat suasana kafenya lebih tenang.

Selain itu ada juga hiasan kerajinan dan keramik yang membuat nuansa kafenya semakin indah.

 

2. Ragam gelato homemade dan dessert unik

Nothing Personal
Nothing Personal memiliki berbagai macam dessert dan gelato. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

 

Untuk saat ini, Nothing Personal memang hanya menawarkan dessert. Pilihannya dessertnya ada pavlova, bread pudding, dan olive oil cake yang dibanderol mulai dari Rp 55.000.

Namun, menu spesial mereka adalah gelatonya. Kurang lebih ada 8 jenis varian rasa gelato yang ditawarkan.

Varian rasanya terdiri dari, Honey Rosemary Mascarpone, Vanilla Bean Orange Zest, Vanilla Bean, Vanilla Greek Way (olive oil dan sea salt), Black Sesame Earl Grey, strawberry Basil, dan masih banyak lagi.

Harga setiap scoopnya sekitar Rp 55.000.

Menariknya, semua gelato yang ditawarkan dibuat homemade. Produksinya pun langsung di dapur belakang kafe tersebut. Namun, karena produksi homemade, tidak semua variasi rasa akan tersedia pada saat pengunjung datang.

Menurut Agus, perwakilan dari Nothing Personal, butuh waktu kurang lebih 3 sampai 4 jam sampai gelato mereka siap disajikan. Biasanya mereka melakukan produksi di hari pertama buka di minggu tersebut, yaitu hari Selasa.

Meskipun sudah melakukan produksi dari pagi, tetapi ketika kafe buka pada pukul 14.00, belum tentu stock gelatonya sudah siap.

Pengunjung yang datang pada sekitar pukul 14.00 sampai 16.00 WIB juga belum tentu bisa mencoba semua variasi dessert dan gelato. Menurut Agus, stok gelato biasanya tersedia lengkap jika sudah memasuki waktu sore menjelang malam.

Selain dessert dan gelato, mereka juga menawarkan aneka kopi-kopian, seperti Affogato, NP Affogato, Iced Black/Americano, Espresso Single Shot, Cappuccino, latte, sapai Ice Latte. Harga kopinya dibanderol mulai dari Rp 45.000 sampai Rp 65.000.

 

3. Dessert Pavlova yang menyegarkan

Nothing Personal
Ini dia salah satu dessert best seller mereka yang rasanya manis dan segar, Foto: Detikcom / Atiqa Rana

 

Saat kami mampir, hanya ada menu Pavlova dan varian rasa gelato Black Sesame Earl Grey, Vanilla Bean Orange Zest, dan Strawberry Basil.

Tidak mau melewatkannya, kami pun segera memesan semua menu yang tersedia saat ini. Dessert dan gelato ini pun disajikan dalam mangkuk berbahan stainless steel.

Di antara beberapa menu yang kami pesan, dessert pavlova paling mencolok. Berbeda dengan gelato, Pavlova (Rp 60.000), disajikan dengan wadah berbentuk seperti mangkuk dengan kaki tinggi.

Pavlova disajikan bersama Greek yogurt, compote strawberry, dan buah seasonal berupa jeruk.

Untuk pavlova rasanya sangat manis, tetapi jika disatukan dengan yogurt, compote, dan topping buah-buahan, rasanya menjadi seimbang antara manis dan asam.

Yogurtnya juga tidak begitu asam ataupun manis, sehingga tidak menganggu kombinasi rasa keseluruhan. Tambahan buah jeruk diatasnya juga membuat pavlova ini semakin segar.

 

4. Uniknya Gelato Black Sesame Earl Grey dan Strawberry Basil

Nothing Personal
Gelato rasa black sesame earl greynya juga tidak kalah menarik. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

 

Kami memesan 3 varian rasa gelato yaitu Black Sesame Earl Grey, Vanilla Bean Orange Zest, dan Strawberry Basil. Penyajiannya menggunakan mangkuk stainless steel terpisah.

Menurut kami, tekstur gelato homemade ini berbeda dari gelato pada umumnya. Biasanya gelato punya tekstur yang lebih lengket, tetapi di sini tidak. Gelatonya punya tingkat kepadatan rendah dengan tekstur lebih lembut. Namun, gelatonya harus segera dimakan karena mudah mencair.

Rasanya juga ringan tidak begitu pekat. Misalnya Black Sesame Earl Grey yang perpaduan rasa antara wijen hitam dan earl greynya pas, tidak ada yang lebih dominan.

Rasa earl greynya ringan begitupun dengan sentuhan rasa kacang dengan aroma smokey yang datang dari wijen hitamnya.

 

Nothing Personal
Kalau mau yang manis dengan sentuhan rasa jeruk asam segar, bisa pesan gelato ini. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

 

Varian rasa Vanilla Bean Orange Zestnya juga memikat perhatian kami. Meskipun ada tambahan orange zest, tetapi rasa asamnya masih ringan. Melengkapi rasa manis dari vanilla beannya.

Di dalam vanilla bean juga tidak begitu kuat rasa vanilanya, lebih dominan rasa susu. Jika suka yang manis menyegarkan, menurut kami varian rasa ini sangat cocok.

Varian Strawberry Basil lah yang menurut kami punya rasa paling unik.

Rasa keseluruhannya perpaduan antara manis dan asam dari strawberry. Namun, ketika gelato ini menempel di lidah, kamu juga bisa merasakan sensasi rasa daun basil yang cukup kuat.

Awalnya kami terkejut dengan varian rasa ini. Namun, lama kelamaan lidah kami cukup bisa menerimanya karena sentuhan rasa daun basilnya intensitasnya juga semakin berkuang.

 

Sumber: Nothing Personal: Kelezatan Gelato dan Dessert Homemade Buatan Kafe di Jaksel (detik.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *