Kalteng Expo 2024 fasilitasi UMKM dan IKM sukseskan BBI dan BBWI

Indonesia Menyapa, Jakarta – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Kalteng Expo 2024 sebagai salah satu upaya dalam mendukung sekaligus menyukseskan Program Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dengan memfasilitasi para pelaku UMKM dan IKM serta lainnya.

“Kalteng Expo ini diselenggarakan sebagai ajang promosi dan informasi peluang investasi bagi komoditas unggulan daerah Kalimantan Tengah,” kata Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di Palangka Raya, Minggu.
Edy menjelaskan melalui pelaksanaan Kalteng Expo pihaknya ingin menciptakan wahana interaksi bisnis antara pelaku usaha, pembeli, dan investor, dalam rangka mendorong masuknya investasi ke Kalimantan Tengah, sehingga volume perdagangan produk unggulan daerah, industri, SDM, dan sektor-sektor lainnya meningkat.
Memperkuat kemitraan antar pelaku usaha, digitalisasi pemasaran, dan optimalisasi produk unggulan daerah, hingga menjadi sarana mengajak masyarakat lebih mencintai produk dalam negeri dan lokal daerah, terlebih di era pasar bebas saat ini.
“Dengan gelaran Kalteng Expo ini Pemprov Kalteng berupaya memacu produk lokal agar terus meningkatkan kualitas, kreativitas, dan produktivitas, sehingga mampu menarik calon pembeli dan investor untuk melakukan transaksi dagang dan investasi di Kalimantan Tengah,” tegasnya.
Selain itu mendorong para pelaku UMKM dan IKM terus mengikuti perkembangan zaman dan permintaan pasar, serta meningkatkan inovasi dan nilai tambah produk, seperti produk ramah lingkungan, produk peduli kesehatan, hingga melahirkan brand atau merk baru.
“Termasuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme SDM di sektor jasa, khususnya bidang perdagangan dan investasi, guna mempromosikan potensi daerah Kalimantan Tengah,” jelasnya.
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng Rangga Lesmana menambahkan, dalam gelaran Kalteng Expo 2024 ini ada sekitar 324 stan yang tersedia, yakni dalam ruangan, luar ruangan, hingga pasar rakyat.
“Kegiatan ini berlangsung 11-15 Mei 2024 yang diikuti berbagai unsur, mulai dari dunia usaha, pemerintahan, serta lainnya,” jelasnya.
Kalteng Expo 2024 menjadi sarana strategis sebagai media promosi tentang berbagai potensi unggulan daerah, sekaligus memupuk kecintaan terhadap produk maupun industri dalam negeri.
Kalteng Expo merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi yang pada tahun ini berusia ke-67 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *