Sejumlah Guru di NTT Hadiri Seminar Nasional Pendidikan dari LPMP NTT

Kupang, Indonesia menyapa. Com
Sejumlah guru dari beberapa sekolah  ditingkat Kabupaten, Kota di NTT menghadiri dan mengikuti seminar nasional pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga penjaminan mutu pendidikan Nusa Tenggara Timur (LPMP) .
Seminar nasional Pendidikan yang diselenggarakan oleh LPMP NTT dalam rangka memperingati hari Guru dan HUT PGRI yang jatuh pada tanggal 25 November lalu. Kegiatan yang berlangsung kolaborasi LPMP dan Media Pendidikan Cakrawala NTT dimana bertepatan juga dengan HUT media Cakrawala NTT yang ke – 6.

Kepala LPMP NTT, H.Muhamad Irfan, M.M kepada wartawan di Kantor LPMP NTT, Sabtu (30/11/2019) disela — sela seminar nasional pendidikan mengatakan, Pendidikan sebagai sebuah proses menuntut adanya keseimbangan dalam berbagai aspek, yakni kognitif, afektif, dan psikomotor. Dalam konteks tersebut, literasi disadari sebuah jalan dalam menumbuhkan budi pekerti generasi masa depan bangsa, terutama literasi baca tulis sebagai literasi dasar dinilai memegang peran yang sangat penting dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan yakni lahirnya manusia Indonesia yang unggul dalam kognitif, ketrampilan dan karakter.

” LPMP sekarang ini fokus bagaimana menjadikan guru-guru yang ada di seluruh NTT berkompetensi dan memiliki komitmen untuk mencerdaskan anak didik di setiap sekolah-sekolah.
Diharapkan , guru juga harus bisa memaknai kehadiran anak didik mereka, mendidik dengan penuh perjuangan dan memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas,” jelas Muhamad Irfan.

Muhamad Irfan berharap, melalui seminar nasional pendidikan yang di selenggarakan tersebut dapat melahirkan kesadaran bersama akan pentingnya literasi dan PPK dalam pembangunan bangsa.

“Seminar ini bertujuan, mengakarkan budaya literasi di lingkungan sekolah dan masyarakat secara luas, membangun kesadaran akan pentingnya PPK di lingkungan sekolah dan masyarakat secara luas, dan meningkatkan kompetensi akademik dan ketrampilan guru sebagai penggerak utama literasi dan PPK,” ucap Irfan.

Dari seminar nasional pendidikan juga diharapkan peserta mendapat bekal tentang literasi dan PPK, guru dapat menjadi penggerak literasi dan PPK di sekolah, peserta didik dapat menjadikan literasi sebagai budaya dalam mempersiapkan dirinya sebagai generasi masa depan Indonesia.

Seminar Nasional Pendidikan dalam rangka Hari Guru dan HUT PGRI Tahun 2019 yang digelar LPMP NTT merupakan bentuk nyata kesadaran LPMP NTT dalam mengapresiasi keberadaan dan peran guru dalam pembangunan SDM Indonesia .

Dikesempatan yang sama Ketua Panitia Pelaksana Eddy Sulla kegiatan seminar sehari oleh LPMP NTT adalah salah satu acara yang digelar dalam menyambut hari ulang tahun guru dan HUT PGRI tersebut
di fasilitasi LPMP NTT bekerja sama dengan media pendidikan Cakrawala NTT sebagai media pendidikan pendamping para guru dan juga pegiat literasi.
Dikatakan, Tema yang diusung pada peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 adalah “Guru Penggerak Indonesia Maju”. Tema ini menegaskan peran strategis guru dalam pembangunan Indonesia, terutama pembangunan SDM.
(Win).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *