Wow! Ternyata Mamfaat Tanaman Legum Herba Clitoria Ternatea Luarbiasa

Oesao, Indonesia menyapa.com – Legume Herba Clitoria Ternatea merupakan tanaman yang mempunyai cukup banyak mamfaat legume bagi petani. Betapa tidak, begitu banyak mamfaat dari tanaman clitoria ternatea mampu membuat petani dapat berhasil meningkatkan produksi pakan juga meningkatkan pendapatan keluarga dan masih banyak lagi mamfaat lainnya antara lain, mampu meningkatkan produksi pakan ternak tanpa meninggalkan produksi tanaman pangan, mengurangi kebutuhan pupuk dan meningkatkan hasil jagung dan padi, meningkatkan reproduksi dan kecepatan pertumbuhan ternak sapi, dan mengurangi resiko kekurangan pakan dan mendukung intensifikasi ternak serta masih banyak lagi mamfaat lainnya.

ACIAR dan BPTP Balitbangtan NTT mendukung penelitian untuk mengevaluasi penggunaan legum herba di NTT. Oleh sebab itu BPTP dengan para peneliti nya yang handal kemudian membantu para kelompok tani untuk meningkatkan produksi pakan dengan memanfaatkan tanaman legum herba clitoria ternatea dengan cara membudidayakannya. Salah satu kelompok tani yang sukses membudidayakan adalah kelompok tani Talena laen yang berada di desa oesao,kabupaten Kupang.

Para peneliti dari BPTP balitbangtan NTT yakni Jacob Nulik, Debora Kana Hau, Evert Hosang bersama peneliti lainnya saat melakukan temu lapangan di lokasi budidaya tanaman legume herba clitoria ternatea, tepatnya di desa oesao, jumat, ( 27/9/2019). Menyampaikan bagaimana manfaat dari clitoria Ternatea tersebut bukan hanya untuk pakan ternak namun juga punya mamfaat kesehatan untuk manusia, dimana diolah menjadi teh sehingga dapat di konsumsi serta dapat juga menjadi zat pewarna kain.

Peneliti utama bagian peternakan dari BPTP Balitbangtan NTT, Dr. Jacob Nulik yang sekaligus sebagai penangung jawab kegiatan temu lapangan saat disela – sela kegiatan menyampaikan bahwa dirinya telah meneliti tanaman legume herba clitoria ternatea ini sudah sejak tahun 1984 di Kabupaten Sumba namun dirinya akhirnya lebih intensif melakukan penelitian di daratan Timor pada tahun 2006.

” Tanaman Legume Herba Clitoria Ternatea tersebut mempunyai banyak mamfaat untuk bagi petani khususnya untuk peternak, dimana dapat dapat meningkatkan produksi pakan ternak tanpa meninggalkan produksi tanaman pangan ,disamping itu juga dapat menyuburkan tanah,” ujar Jacob.

Jacob juga mengatakan bahwa jenis tanaman clitoria ternatea ini merupakan suatu jenis tanaman yang dapat menjadi pakan yang bagus sehingga diharapkan nantinya bisa dapat menghasilkan benih – benih yang berlabel dan juga bisa di komersialkan.

Dikesempatan yang sama Peneliti ir.Debora Kana Hau, M,Si. kepada wartawan mengatakan mamfaat dari Legume herba clitoria ternatea yang sangat baik untuk kesehatan yakni dapat di konsumsi sebagai minuman seperti teh. dan mamfaat lainya sebagai pakan ternak. Sehingga para petani dapat juga mengurangi kebutuhan pupuk dan meningkatkan hasil produksi jagung.

Legume herba clitoria ternatea ini dibudidayakan oleh petani yang dalam hal ini petani yang mempunyai ternak namun juga tidak menutup kemungkinan yang tidak mempunyai ternak bisa juga untuk dapat meningkatkan produksi jagung.

” kami para peneliti dan penyuluh senantiasa memotivasi petani terutama yang mempunyai potensi untuk Mengembangkan budidaya tanaman legume herba clitoria ternatea ini,” Harap Debora.

Temu lapangan yang dilakukan oleh BPTP Balitbangtan NTT tersebut di hadiri oleh kepala desa Oesao, Kepala dinas pertanian Kabupaten Kupang yang diwakili oleh sekretaris dinas dan juga kepada dinas Peternakan Kabupaten Kupang. Serta para anggota poktan Talena Laen, dan beberapa poktan binaan BPTP NTT.
( CP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *