Sejumlah Wartawan Media Daring Mendapat Penyuluhan Pengunaan Bahasa Indonesia dari Kantor Bahasa NTT

Kupang,Indonesia menyapa.com
Kantor bahasa NTT menyelenggarakan penyuluhan pengunaan bahasa Indonesia kepada sejumlah wartawan media daring yang ada di Kota Kupang. Hal tersebut di laksanakan dengan tujuan agar para wartawan media daring diharapkan dapat menjadi corong informasi kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat mengetahui bagaimana cara pengunaan dan penulisan bahasa Indonesia yang benar.
Kegiatan penyuluhan pengunaan bahasa Indonesia di media massa bagi wartawan media daring yang di laksanakan di hotel Amaris, Rabu (14/8/2019) berlangsung begitu baik. hal ini dikarenakan para penyuluh dari kantor bahasa NTT dalam penyampaian materinya sangat asyik dan semangat sehingga para wartawan sangat tekun dan antusias mengikutinya.

Salah satu Staf Kantor Bahasa NTT, Salimulloh Tegar S, ketika membawakan materi tentang Paragraf Berita Media Massa daring secara terperinci menjelaskan bagaimana penggunaan ejaan.Dirinya menjelaskan bahwa, ada lima macam paragraf yang bisa dipakai yaitu, paragraf narasi, deskripsi, eksposisi, persuasi dan argumentasi.
“Saat ini, penerapan berita daring tidak lagi pada Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), tapi menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), ada lima macam paragraf yang bisa dipakai yaitu, paragraf narasi, deskripsi, eksposisi, persuasi dan argumentasi”.Jelas Salimulloh
dirinya juga berharap agar dalam penulisan minimal memiliki satu kalimat topik, dan satu kalimat pengembang.

Salimulloh, Staf dari kantor bahasa NTT tersebut, saat menyampaikan materinya selalu penuh semangat dan energik serta asyik, sehingga membuat para wartawan selalu menyimak dengan baik. Salah satu peserta yang hadir, Maria Bay saat dimintai komentarnya tentang penyampaian materi dari penyuluh, dirinya mengatakan sangat senang dengan cara penyampain materi sehingga dirinya mudah di mengerti.
“saya walaupun terasa lelah, namun saya tetap semangat menyimak pemaparan materi dari penyuluh sampai selesai dan saya juga dapat dengan mudah mengerti” Ujar Maria.
Maria juga berharap kegiatan ini dapat di laksanakan lagi karena sangat baik dan bermanfaat.(CP). #kantorbahasantt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *