PMKRI Gelar Deklarasi Gerakan Kita Indonesia Di NTT

KupangIndonesia Menyapa.com
Deklarasi gerakan #kita_Indonesia Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia digelar oleh Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) yang diawali Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kita_Indonesia” sebagai tema besar yang di angkat oleh perhimpunan mahasiswa katolik Republik Indonesia sebagai tagline moral politik pembinaan, perjuangan menjadi relevan dengan konteks Indonesia saat ini. Dan ini merupakan seruan moral sekaligus gerakan politik untuk menjahit kembali tenun kebangsaan yang terkoyak oleh arogansi identitas keakuan, kekamian,keagamaan,dan kesukuan.

“Kupang sebagai kota pertama deklarasi gerakan #kita Indonesia, karena NTT merupakan miniatur dari Indonesia yang perlu dicontoh dalam konteks toleransi”, ungkap Sekretaris Jendral (Sekjen) Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI), Tomson S. Silalahi, saat konfrensi pers di Kupang, Jumat (10/8/2018).

Lebih lanjut Tomson mengatakan gerakan #KitaIndonesia merupakan bagian dari upaya untuk meneguhkan Keindonesiaan, merawat dan menjaga nilai budaya dan toleransi.

“#Kita_Indonesia adalah ruang pemersatu antara dikotomis ‘Kami’ dan ‘Mereka’,” kata Tomson.

Bagi Tomson, gerakan ini sekaligus ingin merangkul semua kalangan, bahwa sudah saatnya membangun Indonesia tanpa ada sekat dan pemisah.

Dikatakan Tomson, Refleksi PMKRI atas koyaknya persatuan Indonesia tidak dapat dipisahkan dari persoalan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan problem kemanusiaan. Ketidakadilan yang berdampak langsung pada kesenjangan ekonomi dan memicu terjadinya pelanggaran hak asasi manusia menimbulkan gerakan-gerakan yang ingin menggantikan dasar negara (Pancasila) dengan ideologi yang datang dari luar.

“Terhadap situasi tersebut, pemerintah perlu lebih serius mewujudkan keadilan berpijak di atas kepentingan semua dan di atas segalanya perlu menghormati martabat kemanusiaan. Pemerintah dinilai belum mampu mewujudkan cita-cita pendirian bangsa: terwujudnya kesejahteraan umum di segala aspek kehidupan”,  tandasnya.

Oleh karena itu, PMKRI secara konsisten menggaungkan gerakan #Kita_Indonesia di 15 Kota di Indonesia agar gerakan ini menjadi ‘serum’ perdamaian yang mempersatukan seluruh anak bangsa demi memajukan Indonesia lebih baik lagi.

Tomson berharap, melalui deklarasi tersebut semua anak bangsa memiliki kesadaran dan wajib untuk merawat pesatuan dan kesatuan bangsa..

Dikesempatan yang sama, ketua PMKRI Cabang Kupang, Engelbertus Boli Tobin, menyampaikan terima kasih kepada Pengurus Pusat PMKRI yang telah memilih Kupang sebagai langkah awal pijak road show kebangsaan di 15 Kota yang direncanakan.

“Dengan demikian maka kita akan gaungkan spirit #Dari NTT untuk Indonesia. Kami berharap kita sebagai generasi muda merawat toleransi yang ada untuk bisa dicontoh oleh daerah lain di Indonesia”, ungkap Engelbertus.
(CP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *