Gubernur Frans Leburaya Minta Para Camat Berperan Aktif Tingkatkan Kewaspadaan

NTTIndonesia Menyapa.com
Rapat kerja Gubernur NTT dengan para camat se – Provinsi NTT berlangsung Rabu, (23/5/2018) di Aula Fernandes.
Dalam sambutan nya Gubernur Frans Leburaya meminta kepada para camat agar sama – sama membantu dan turut mengamankan situasi dan kondisi di daerahnya masing – masing mengingat NTT dalam situasi yang tidak kondusif menjelang pemilukada juni mendatang.

Thema yg diangkat pada Raker tersebut yakni ” penguatan para camat dalam penyelenggaraan pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di kecamatan ”
Turut hadir dalam pembukaan raker camat, masing-masing: Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerjasama, Sugiarto dan Raden M. Gani dari Direktur Aset Desa, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri.

Lebu Raya mengatakan, rapat kerja ini merupakan langkah penguatan peran camat di wilayah kecamatan. Sehingga camat selaku kepala wilayah di kecamatan dapat berperan aktif terutama mengambil langkah-langkah antisipasi dengan meningkatkan kewaspadaan.
“Rapat hari ini berama saudar-saudara sekalian menjadi rapat terakhir dalam masa jabatan saya sebagai gubernur. Saya minta betul ciptakan suasana kondusif dan saya minta pilkada kali ini harus berjalan lancar serta sukses,” pintanya.
Gubernur juga menghimbau agar, daerah ini tetap aman dan kepada para camat dapat berkoordinasi dengan lurah, kepala desa dan RT/RW untuk mengawasi warganya setiap 24 jam.

Kepala Biro Pemerintahan, Victor Manek, melaporkan camat sebagai penyelenggara pemerintahan di wilayah kerja kecamatan dalam pelaksanaan tugasnya mendapat pelimpahan kewenangan dari Bupati dan Walikota. Kewenangan yang diimiliki itu, lanjut Manek, untuk menangani urusan otonomi dan menyelenggarakan tugas umum pemerintahan.

Selanjutnya, tambah Victor Manek, pasal 17, Peraturan Pemerintah (PP) nomor : 19 Tahun 2008, camat lewat kewenangan yang dimiliki, melakukan koordinasi bersama pihak keamananan dan Tokoh Masyarakat dalam rangka ketertiban masyarakat. Sehingga raker camat ini untuk penguatan peran camat di wilayahnya masing-masing menciptakan suasana aman dan kondusif.

Laporan : CP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *